Langsung ke konten utama

Tips dan Cara Mudah Berinvestasi Untuk Pemula [Panduan Lengkap Investasi]

KacamataDuit - Berinvestasi adalah cara terbaik agar masa depan kita akan lebih terjamin, beberapa tahun kebelakang sejak perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat pesan atau ajakan untuk melakukan investasi menjadi sangat ramai hingga menjadi bahan pembicaraan. Dimana jika kita melakukan investasi tersebut akan sangat berguna untuk masa yang akan datang. 


Sebagian orang yang sudah tahu betul tentang bagaimana cara berinvestasi tentunya bisa dipastikan akan punya rasa aman atau secure apabila berbicara masa depan. 


Hal Ini tentunya akan berbanding terbalik dengan orang yang memang belum tahu dan baru ingin memulai untuk berinvestasi, kebanyakan dari mereka bingung dan ragu untuk memulai investasi. 


Cara-mudah-berinvestasi
(Ilustrasi investasi)


Nah, bagi Anda yang bingung dan ragu namun ingin berinvestasi jangan khawatir karena disini KacamataDuit akan membagikan tentang tips dan cara mudah berinvestasi untuk pemula. Dimana disini Anda akan mempelajari tentang tips atau langkah-langkah yang pertama harus dilakukan sebelum dan sesudah berinvestasi, khususnya untuk pemula. 


Tips dan Cara Mudah Berinvestasi Untuk Pemula : 


1. Jenis-Jenis Investasi Untuk Pemula


Sebelumnya membahas mengenai cara mudah berinvestasi, sebaiknya kita mulai dulu memahami apa saja sih jenis-jenis investasi yang memang cocok untuk pemula. Hal ini tentunya demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja rugi saat berinvestasi. Berikut ini jenis-jenis investasi yang cocok untuk pemula : 


1.) Investasi Reksadana


Reksadana merupakan sarana investasi yang pertama Saya rekomendasikan sebagai investasi yang cocok untuk pemula, hal ini karena investasi reksadana merupakan investasi yang cukup aman dan minim adanya kerugian. 


Selain itu reksadana adalah menjadi opsi investasi bagi masyarakat yang tidak punya waktu banyak untuk mengamati dunia keuangan dan kemampuan untuk menghitung serta memprediksi risiko atas investasi mereka.


So, bagi Anda yang ingin menumbuhkan uang atau investasi bisa untuk mencoba reksadana. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan berharap mendapatkan keuntungan yang sangat besar karena keuntungan yang didapatkan biasanya tidak besar tetapi hal ini wajar mengingat resikonya yang minim.


Perlu diperhatikan juga uang yang digunakan untuk berinvestasi usahakan ada uang 'nganggur' dan tidak untuk dipakai dalam waktu dekat.


2.) Investasi Saham


Jika dulu investasi saham sangat ribet, maka sekarang tidak lagi. Hal ini karena pasar saham yang kini mulai bertebaran sehingga memudahkan kita untuk berinvestasi saham lewat daring.


Saat ini jumlah perusahaan sekuritas sangatlah banyak dan pastinya bisa diakses guna mendaftar serta mulai berkontribusi untuk pasar saham.


Salah satu hal yang harus diperhatikan betul adalah resiko dari investasi saham cukuplah besar, tetapi harus diingat bahwa keuntungan yang diperoleh bisa lebih besar ketimbang investasi reksadana.


Keuntungan atau profit dari investasi saham yang bisa didapat antara lain dari jual-beli dari setiap kepemilikan serta dividen dari perusahaan yang sahamnya kita miliki.


Bagi Anda yang tergolong pemula sebaiknya harus belajar lebih mendalam lagi untuk memulai investasi saham, Anda bisa mencoba untuk melakukan konsultasi keuangan kepada penasehat keuangan yang sekarang mudah ditemukan di internet.


3.) Investasi Emas


Walaupun emas sudah ada sejak dulu, namun baru beberapa tahun kebelakang inilah mulai ramai membicarakan tentang investasi emas. 


Dan tahukah Anda investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang paling mudah dan simpel untuk dimulai. Sederhananya, investasi saham bisa diartikan sebagai kepemilikan fisik atas emas batangan, bisa berupa emas Antam, atau secara value di platform-platform online yang memang fokus bergerak di bidang investasi emas.


4.) Investasi Properti


Dari dulu menyewakan sesuatu memang merupakan hal menguntungkan, hal ini juga berlaku untuk investasi di bidang properti


Berinvestasi pada properti pada dasarnya membutuhkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit. Namun, perlu diingat bahwa keuntungan yang akan kamu peroleh juga akan besar dalam jangka panjang.


Selain itu, Anda pun bisa membuat passive income dengan aset properti, menjadikan aset properti sebagai cara untuk investasi jelas bisa dijual di masa mendatang.


2. Cara Mudah Berinvestasi Untuk Pemula


Setelah Anda tahu tentang jenis-jenis apa saja yang termasuk kedalam rekomendasi investasi yang cocok untuk pemula, pastinya disini Anda sudah mulai memutuskan untuk memilih investasi mana yang cocok untuk digunakan. Lalu bagaimana sih cara mudah berinvestasi untuk pemula? Perhatikan beberapa poin berikut ini : 


1.) Perhatikan Resiko


Bagi orang yang baru akan berinvestasi penting sekali untuk memperhatikan resiko pada jenis investasi yang dipilih. Hal ini demi menghindari kerugian yang bisa terjadi saat berinvetasi. 


Pada umumnya investasi ditawarkan lewat pemberi kerja seringkali terdapat pilihan investasi terbatas serta biaya tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa sangat penting untuk pandai memilih investasi dengan bijak. Dan bagi investor baru sangat direkomendasikan untuk memilih model portofolio berpatokan pada tingkat risiko yang Anda rasa nyaman dan siap dengan kemungkinan yang terjadi. 


2.) Tentukan Strategi Investasi


Setelah mengetahui resiko dan Anda sudah menetapkan jenis investasi mana yang akan digunakan selanjutnya ada menentukan strategi investasi yang tepat.


Disini Anda perlu memisahkan atau membedakan investasi jangka pendek dan strategi investasi jangka panjang. Jangan sampai membuat kesalahan fatsl dengan memasukkan semua investasi pada akun yang sama.


Maksud dari investasi jangka pendek adalah investasi yang nantinya akan digunakan dalam beberapa tahun kedepan, misalnya saja dalam 5 tahun akan dipakai untuk membangun rumah, menikah, membeli mobil, dan sebagainya 


Sedangkan untuk investasi jangka panjang adalah investasi untuk hari tua atau investasi pensiunan. Investasi ini jelas penting untuk kehidupan di hari tua nantinya.


3.) Tentukan Berapa Banyak Uang atau Aset yang Bisa Diinvestasikan


Untuk mulai berinvestasi Anda terlebih dahulu harus menghitung jumlah atau nominal yang bisa Anda investasikan. Disini Anda perlu menghitung gaji atau penghasilan tiap bulan.


Dengan menghitung jumah penghasilan ini nantinya akan lebih mudah untuk kemudian dibagi dua yaitu untuk investasi jangka pendek dan jangka panjang. 


Perlu diperhatikan, sebelum memilih berinvestasi pastikan kebutuhan dasar sudah terpenuhi. Jangan sampai Anda rela menekan biaya makan agar dapat berinvestasi lebih banyak, berinvestasi lah dengan semampunya. 


Dan ingat pula bahwa investasi paling penting sejatinya adalah investasi pada diri sendiri yakni berupa kesehatan yang memang jika dihitung harganya akan sangat mahal.


4.) Memilih Investasi Pensiun


Sebelum Anda memasuki usia pensiun berinvestasi untuk pensiun bisa menjadi pilihan terbaik agar hari tua Anda terjamin dengan kehadirannya.


Sangat cocok sekali apabila memasukkan dana investasi ke dalam dana pensiun. Dana tanggal target ini secara alami akan menyesuaikan alokasi investasi antara saham dan juga obligasi saat menjelang masa pensiun sehingga Anda tidak perlu repot dan berbuat banyak.


5.) Berinvestasi Sejak Muda


Beruntunglah Anda jika membaca artikel ini pada usia muda karena dari sini Anda akan selangkah lebih maju untuk masa depan yakni belajar berinvestasi. 


Waktu merupakan elemen investasi yang sangat penting karena butuh waktu untuk uang tumbuh dan perlu diingat semakin banyak waktu, semakin banyak pula kesempatan uang Anda akan tumbuh karena bunga majemuk.


So, mulai investasi dari usia muda adalah pilihan terbaik untuk dilakukan. Jangan sampai menunda-nunda untuk berinvestasi!


6.) Pilih Rekening yang Pajaknya Sedikit


Sangat penting diperhatikan juga untuk memilih rekening yang Pajaknya sedikit atau ringan, dengan begitu tidak akan terlalu menguras uang atau apapun yang kita investasi.


Bagi beberapa investor baru, salah satu tujuan menginvestasikan uang sebanyak yang Anda bisa ke dalam rekening maka yang diuntungkan pajak di mana uang dapat tumbuh bebas pajak pada jangka waktu yang tentunya lama. Maka, sebisa mungkin untuk memilih rekening yang pajaknya ringan atau sedikit. 


7.) Teruslah Belajar


Semua hal di dunia ini memang harus dipelajari bertahap termasuk juga dengan investasi, dimana untuk menjadi investor profesional yang bisa menghasilkan uang jutaan bahkan miliaran maka harus mempelajari dan menerapkan strategi yang tepat.


Oleh karena itu, bagi Anda yang merupakan investor pemula maka harus banyak belajar tentang dunia investasi. Bisa dengan konsultasi dengan ahlinya ataupun belajar mandiri dengan mencari informasi terkait investasi melalui artikel atau media lainnya.


3. BONUS, Tips Agar Efisien dalam Berinvestasi


Jika Anda sudah paham mengenai jenis-jenis investasi serta tips dan cara mudah berinvestasi selanjutnya Saya juga akan membagikan sedikit informasi lagi mengenai investasi. Dan informasi atau materi bonusnya adalah tips agar efisien dalam berinvestasi, dengan kita efisien maka investasi yang kita lakukan punya peluang besar untuk menguntungkan. Berikut ini tips agar efesien dalam berinvestasi : 


1.) Pilih Investasi dengan Modal Kecil Dahulu


Bagi Anda yang baru mulai untuk berinvestasi dan memiliki modal yang sedikit maka Anda tidak perlu ambil resiko yang besar, karena jika suatu saat nanti mengalami rugi jelas akan membuat Anda kecewa.


Oleh karena itulah dalam proses pembelajaran investasi mulai secara bertahap, mulailah dengan modal yang kecil terlebih dahulu. Disamping itu Anda bisa terus belajar untuk strategi investasi yang dapat menghasilkan keuntungan besar.


So, memulai investasi dengan modal kecil adalah salah satu cara yang tepat untuk memperoleh efesiensi dalam berinvestasi.


2.) Jangan Pernah Menunda Investasi


Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa mulailah investasi sejak usia muda. Dengan memulai investasi sejak dini maka kesempatan untuk menikmati hasil dari investasi cenderung lebih besar.


Dan jika Anda sudah memulai investasi maka jangan pernah untuk menunda investasi, misalnya uang yang digunakan untuk berinvestasi jangan sampai diganggu oleh apa pun. Atau anggap saja uang untuk investasi itu tidak perlu dihitung lagi dalam penghasilan Anda, disini Anda bisa menganggap bahwa investasi adalah sebuah kewajiban.


3.) Lakukan Diversifikasi Investasi 


Tips agar efisien dalam berinvestasi selanjutnya adalah melakukan diversifikasi investasi. Diversifikasi investasi sendiri adalah strategi untuk membagi atau mengalokasikan dana modal investasi kedalam beberapa aset investasi.


Mengapa diversifikasi investasi ini perlu dilakukan? Hal ini tentu saja untuk mencegah kegagalan total jika salah satu aset investasi mengalami kerugian, nantinya masih ada aset lainnya yang mengalami keuntungan. Pada akhirnya beban kerugian finansial karena risiko investasi bisa terminimalisir dan ringan.


Misalnya saja Anda mempunyai uang 2 juta, untuk diversifikasi investasi Anda bisa membaginya untuk investasi saham, emas, dan juga reksadana sekaligus. Untuk pemula jelas diverifikasi investasi sangat dianjurkan.


4.) Pilihlah Investasi yang Dapat Melawan Inflasi


Salah satu alasan utama untuk berinvestasi adalah untuk melawan inflasi, itulah mengapa menabung dengan cara mengumpulkan uang di rekening tidak dianjurkan karena dapat tergerus oleh adanya inflasi yang setiap tahun ada.


Bagi yang belum tahu inflasi sendiri adalah kenaikan suatu barang atau kebutuhan yang mengalami kenaikan akibat dari aktivitas ekonomi.


So, dalam berinvestasi pilihlah jenis investasi yang bisa diandalkan untuk melawan inflasi yang terjadi. Ada dua jenis investasi yakni saham dan reksadana yang sejak 1940-an terbukti bisa melawan inflasi.


6.) Rileks


Terakhir, untuk efisiensi investasi Anda juga perlu rileks. Dimana Anda harus tenang dan terburu-buru saat berinvestasi, jangan sampai gara-gara investasi hidup Anda menjadi tidak nyaman lagi.


Sebelum investasi pastikan dulu beberapa aspek penting, misalnya portofolio dari perusahaan atau tempat Anda berinvestasi. Pilihlah tempat investasi yang punya portofolio bagus.


Setelah Anda berinvestasi tenang dan rileks saja, Anda tidak perlu memonitor atau mengecek aset investasi Anda setiap hari karena ini bisa menimbulkan kepanikan.


Tetapi cek atau lakukan monitor seminggu atau sebulan sekali saja, jangan terlalu khawatir karena semuanya akan ada untung dan rugi. Anda hanya perlu mempelajari atau mendalami kebiasaan-kebiasaan investasi yang terjadi saja, misalnya di bulan Desember dimana biasanya nilai harga saham akan naik.


Akhir Kata


Well, itulah pembahasan mengenai tips dan cara mudah berinvestasi. Dimana sudah dibahas secara lengkap yang bisa dijadikan sebagai panduan untuk Anda yang ingin mulai berinvestasi. 


Perlu diingatkan lagi bahwa investasi adalah hal yang susah-susah gampang karena banyak sekali kemungkinan yang terjadi saat berinvestasi. 


Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin mulai berinvestasi alangkah baiknya untuk mempelajari semua hal tentang investasi. Bisa dengan belajar secara otodidak atau juga berkonsultasi dengan ahlinya. Dan yang paling jelas adalah saat berinvestasi kita perlu keberanian lebih untuk berinvestasi, berani mengambil resiko maksudnya.


Karena pada akhirnya semakin tinggi Anda mengambil resiko maka kemungkinan untuk mendapatkan keuntungan besar akan sangat terbuka, namun besar juga kemungkinan mengalami kerugian. Begitu juga sebaliknya, jika Anda hanya berani mengambil resiko kecil maka hasilnya pun kecil juga. Intinya ini sesuai dengan hukum alam, dimana usaha tidak akan mengkhianati hasil.


Perlu diketahui juga bahwa investasi bukan hal yang instan, karena memerlukan tahapan atau proses penting sebelum mendapatkan keuntungan dari investasi. 


Jangan juga berekspektasi berlebihan untuk mendapatkan keuntungan besar, apalagi jika Anda adalah seorang pemula yang belum bisa membaca situasi dan kondisi dunia investasi. Selain terus belajar, Anda juga sebaiknya sabar dalam berinvestasi dan selalu menikmati semua yang terjadi. 


Bagi Anda yang sudah membaca postingan ini bisa langsung untuk berinvestasi, karena investasi menjadi solusi untuk jaminan di hari tua nanti saat kita sudah pensiun atau tidak bisa bekerja lagi. 


Mungkin itu saja dari KacamataDuit, dan untuk kedepannya Saya akan terus meng-update tentang masalah-masalah investasi yang pastinya bermanfaat untuk Anda. Disini Saya juga sama-sama belajar dan mohon maaf apabila ada kesalahan dan juga kekeliruan di postingan ini. Terakhir, SALAM PEJUANG RUPIAH!!!


Baca juga : 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana Cara Mengumpulkan Modal Usaha?

KacamataDuit - Kebanyakan orang ketika ditanya tentang ingin berbisnis apa rata-rata jawabannya adalah pesimis dengan alasan tidak ada modal. (Modal usaha) Ini bahasan menarik. Sebenarnya ada tiga jalan untuk mengumpulkan modal usaha: 1. Modal sendiri Modal sendiri bisa diperoleh dari tabungan atau deposito Anda sendiri. Bisa juga dengan menjual aset yang Anda punya. Setelah Anda punya uang hasil usaha Anda bisa membeli aset yang lain lagi yang lebih bagus dari yang Anda korbankan untuk modal usaha. 2. Pinjam Kuncinya, kalau meminjam, perlu diketahui bahwa banyak orang yang seringkali fokus kepada bagaimana mereka bisa mendapatkan pinjaman, tetapi tidak memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Jadi, ketika meminjam, cobalah untuk memikirkan bagaimana caranya Anda bisa mengembalikan pinjaman tersebut. 3. Kerja sama Banyak orang yang ingin membuka usaha tetapi mereka takut untuk memulai. Coba Anda bekerja sama dengan beberapa orang teman Anda. Akan

Selamat Datang Di KacamataDuit

Selamat Datang Di KacamataDuit - Well , ini adalah postingan atau artikel pertama di blog KacamataDuit.  KacamataDuit sendiri adalah sebuah blog yang dibuat secara khusus untuk membahas informasi tentang duit atau uang.  KacamataDuit sendiri punya slogan "Semua Tentang Duit" , slogan tersebut sebagai tanda bahwa di blog ini memang berisi artikel atau postingan yang membahas informasi tentang duit atau uang.  Disini hal-hal atau topik yang berkaitan tentang duit akan dibahas secara mendalam dan juga lengkap. Tujuannya tentu saja agar para pembaca bisa menjadikan KacamataDuit sebagai sumber atau referensi yang memang bisa memecahkan masalah yang berkaitan dengan duit atau uang  Topik-topik yang akan dibahas oleh KacamataDuit sendiri mulai dari cara untuk mendapatkan duit, informasi seputar duit, fakta-fakta duit dan masih banyak lagi yang lainnya. So , untuk Anda yang ingin mendapatkan informasi semua tentang duit bisa untuk terus mengikuti blog ini. Anda bisa langsung untuk k

Cara Mengatur Keuangan Freelancer

KacamataDuit - Jika Anda sebagai freelancer, Anda terlepas dari formalitas dan rutinitas. Freelancer pun  memiliki target yang ditentukan oleh pihak penyedia kerja. Kerena freelancer itu bebas namun memiliki target, Anda dapat menyusun strategi kerja agar target dapat tercapai sepenuhnya.  Freelancer sama halnya dengan pekerja tetap di suatu perusahaan atau di tempat lain. Dia memperoleh penghasilan dari pekerjaannya. Namun penghasilan yang diperolehnya tidak tetap. Kebutuhan Anda mungkin tidak bisa diubah-ubah, oleh karena itu Anda memerlukan penghasilan yang tetap agar kebutuhan Anda terpenuhi. Ada beberapa cara agar Anda dapat mengatur keuangan Anda sebagai freelancer, antara lain sebagai berikut: (Keuangan freelancer) Karena pekerjaan ini bersifat bebas dan pendapatan tak menentu, jadikan pendapatan ini sebagai pendapatan yang berasal dari usaha atau proyek yang Anda jalankan dan Anda pun dapat menggaji Anda secara rutin.  Misalnya Anda memiliki usaha sendiri yang bergerak dalam

Cara Mengatasi Sifat Boros

KacamataDuit - Merubah suatu kebiasaan memang sulit namun pasti bisa menjadikannya lebih baik. Selagi ada kemauan di situ pasti ada jalan. Begitu pun bagi Anda yang biasa boros dalam pengeluaran. Jangan kuatir, berikut adalah tips untuk mengatasi sifat boros tersebut: (Mengatasi sifat boros) 1. Buat batasan terhadap diri Anda Anda sendiri yang tahu kebutuhan dan kemampuan Anda. Anda pasti sudah membuat komitmen tentang batasan pengeluaran yang seharusnya Anda lakukan. Sekali-kali patuhlah terhadap komitmen tersebut. Salah satunya terapkan dalam keputusan Anda ketika akan mengeluarkan uang dan pikirkanlah hasilnya. Inilah fungsi rencana anggaran belanja, sebagai batasan pengeluaran. 2. Jangan mudah tertarik melihat suatu barang Banyak barang yang bagus dan murah di toko dan ketika Anda tidak bisa mengendalikan keinginan, Anda akan terus membeli sampai uang Anda terkuras habis. Kembali lagi, Anda sendirilah yang mampu mengusai diri Anda. Percuma Anda memiliki anggaran kalau masih sulit m

Contoh Kesalahan Dalam Mengelola Keuangan dan Solusi

KacamataDuit - Disadari maupun tidak nyatanya diantara kita sepanjang ini banyak yang melaksanakan kesalahan dalam mengelola keuangan. Dengan salah dalam mengelola keuangan hingga hendak berdampak pada dikala hendak mengendalikan duit, apalagi dapat berdampak parah ialah kehilangan duit. Oleh sebab seperti itu disini aku hendak memberikan sebagian kesalahan dalam mengelola keuangan beserta solusinya. (Ilustrasi orang yang gagal mengelola keuangan) 1. Menyangka pendapatan tidak lumayan buat ditabung Bagi Kathy Kristof dalam bukunya Investing 101, seluruh orang memiliki beberapa duit buat ditabung, kecuali bila Kamu hidup di dasar garis kemiskinan. Solusi Catat pengeluaran setiap hari Kamu sepanjang satu bulan buat mengenali ke mana perginya duit Kamu. Kemudian cari metode buat membelanjakan kurang dari jumlah tertentu, misalnya engurangi pengeluaran Rp30. 000, 00 per hari. Setelah jumlah penghematan menggapai Rp1. 000. 000, 00 masukkan ke dalam rekening tabungan. 2. Kesalahan Keua